Mumpung berpiknik ria di Seaworld Indonesia, ada banyak hal kita bisa lihat disana.
Diantaranya adalah bagaimana kita mengenal berbagai lingkungan (ekosistem) yang berhubungan dengan laut. Hmmm.. kayak apa siiih….? Coba kalo kita musti datengin satu-satu apa nggak ruwet?

1. Ekosistem di pelabuhan
Di pelabuhan kita biasanya lihat sisi atasnya aja. Kehidupan di habitat manusia.
Kayak apa sih di bawah lautnya?
Nah, kita bisa lihat di Seaworld Indonesia-Ancol. Disana ada satu simulasi ekosistem di pelabuhan. Ada contoh dermaga kayu-nya, plus replika sampah yang mungkin aja ada disana pun disimulasikan. Hehehe… kita bisa membayangkan kehidupan apa yang hadir disana.
Malu sama ikan ah, ketauan kalo kita jorok. Makanya… jangan buang sampah sembarangan hehehehe… Kebawa sampai di laut tuuuh…

O ya, kalo kita bingung atau kurang paham… (atau lupa pelajaran jaman dulu) kita gak perlu khawatir. Di dekat berbagai ekosistem tersebut ada papan informasi singkat. Dengan demikian, kita setidaknya ada panduan kalo anak-anak nanyain… ini apa sih…
Kok begini… Kok begitu kekekeke…  Selebihnya tinggal improvisasi kekekekeke… (gak pake ngawur yak huahahaha…, atau pake ilustrasi ala film kartun. Bisa kacaaaaw)

2. Ekosistem di koral/laut
Selain belajar lingkungan di Dermaga, kita juga bisa belajar tentang lingkungan di laut. Salah satunya di laut yang tidak terlalu dalam. Disana sinar matahari masih bisa mencapai dasar laut. Berbagai tumbuhan dan binatang banyak hidup disana. Keindahan ini bisa tergambar dalam akuarium ekosistem laut. Hmmm… gak perlu menyelam untuk melihatnya.

3. Ekosistem di air tawar
Jangan salah, meski namanya Seaworld tentu gak hanya yang dilaut saja.
Ekosistem di sungai juga digambarkan disini. Ikan air tawar juga dipamerkan disana. Ada ikan air tawar yang ukurannya raksasa loooh. Lihat sodaranya ikan lele disana… belon lagi dengan ikan Arapaima Gigas (asalnya dari Amerika Latin), bisa besaaaar sekali. Kalo nggak liat mana bisa percaya… (seeing is believing right?)

4. Ekosistem sungai (air payau)
Nah, untuk daerah sungai dimana air laut dan tawar bertemu suka jadi lingkungan yang ideal buat mahluk tertentu. Ntuuu… makanya banyak buaya di sungai. Paling demen dia disana kekekekeke… Ekosistemnya pun tergambar di area Seaworld Indonesia.

Hehehehe… banyak belajar dengan cara menyenangkan kaaaaan?
Tunggu apa maniiiiing? Kekekekeke…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*