Siapa yang suka minum es kelapa ngacuuuung hehehehe…
Yap… Es Kelapa merupakan salah satu minuman favorit ala Indonesia. Bukan napa-napa… Kita beruntung dikaruniai alam yang membuat pohon kelapa begitu mudah tumbuh subur disini. Coba, perhatikan garis pantai yang demikian panjang… Masa pantai ga ada pohon kelapanya hahahaha…. gak asik kayaknya.

Nah, kalo dari sisi es kelapa-nya sendiri akan banyak variasinya. Mulai dari plain atau model biasa sampai yang dikasi campuran seperti sirop, air gula, es batu, atau lainnya. Semua kalo dikumpulin jadi begituuuu banyak variannya. Mungkin bisa makin banyak seiring dengan varian kelapa-nya sendiri di Indonesia.

Nah, nih satu jenis kelapa yang katanya gak cuman bikin seger kalo diminum.
Tapi juga berfungsi kesehatan seperti penawar keracunan (kalo kita makan makanan yang gak pas, kita bisa kena alergi). Nah, salah satu obatnya adalah banyak-banyak diminumin air kelapa. Juga kalo kita diare, juga bisa dipake untuk mencegah dehidrasi akut.

Namanya Kelapa Ijo.
Bahkan, diantara Ibu-ibu hamil juga beredar informasi kalo air kelapa hijau diminum secara rutin selama 2-3 bulan menjelang kelahiran bisa bikin bayi lebih bersih (karena biasanya kan bayi diselimuti lemak saat dilahirkan). Hmmm… yang gw bingung, kan saluran pencernaan sama saluran ke bayi beda channel. Hmm… Ok lah.

OK, dari sekian banyak manfaat…. Kita sepakat setidaknya Kelapa Ijo bikin seger diminum airnya. Problemnya adalah harga. Nah, tuh kelapa lebih mahal harganya dari kelapa muda biasa. Kalo kita nggak tau cara bedainnya, kan rugi. Mangsut hati beli kelapa hejo, eeeeh… dapetnya kelapa biasa.

Salah satu cara yang mujarap untuk membedakan adalah warna daging sabut kelapanya.
Kalo kelapa biasa… Warnanya coklat atau putih. Tapi, kalo Kelapa Hijau / Kelapa Hejo ini apapun warna kulitnya (bisa hijau, coklat, krem) tapi warna daging sabut kelapanya pink. Nih.. kayak digambar. Hebat yaaa… Alam memberikan tanda-tandanya kepada kita, tinggal kita menemukannya… hmm… gak bakal salah hahahaahhaa…

So… mudah-mudahan tips ini bisa membantu buat penggemar Kelapa Hijau memperoleh Kelapa yang tepat yaaa… Hehehehe… . Semoga berguna.

5 Comments for this entry

  • hasan says:

    Apakah kelapa hijau selalu berwarna pink sabutnya, sedangkan kulit luarnya tidak musti hijau ? kalau begitu sebaiknya dia diberinama kelapa pink aja, betul gak

    • admin says:

      Halo Pak Hasan,

      Terima kasih buat pertanyaannya yaaa
      Dari ngobrol dengan penjual kelapa tersebut, memang untuk Kelapa Hijau secara kulit luar buah kelapa selalu Hijau. Demikian pula dengan sabut bagian dalam akan selalu berwarna pink ketika dipotong pertama kali.
      Mungkin bila sudah terkena hawa akan berubah warnanya. Hehehe…

      Kalau ada yang punya informasi tambahan bisa dilengkapi ya…

      Salam,

      Hari Gendut

  • Singgih Octafianto says:

    dari tukang kelapa di pintu keluar tol jatibening:
    - kulit buah kelapa bisa warna apapun seperti sudah disebut. bisa hijau atau kemerahan.
    - bagian belakang kelapa terlihat pink ketika dibuka, dan tidak berubah meskipun terkena udara
    - daging kelapa tipis seperti -maaf- ingus. tidak ada kelapa hijau yang tebal
    - tips cara minum: tidak diberi gula

    saya pribadi kurang percaya dengan mitos kelapa hijau, wallahua’lam. saya sih lebih pilih kelapa biasa dengan gula dan es batu yang lebih seger kalo diminum. karena dingin dan seger :p

    • admin says:

      Halo Pak Singgih,

      Terima kasih untuk tambahan informasinya.
      Beberapa informasi yang disampaikan juga saya alami. Misalnya :
      - Daging kelapa tipis,
      Kalo Kelapa Hijau memang lebih fokus ke jumlah airnya. Terlihat di Kelapa Hijau dagingnya tipis sekali. Memang (maaf : seperti ingus) bening dan kurang mantaplah. Buat yang butuh es kelapa dengan daging kelapa kayaknya mending milih kelapa biasa. Lebih puas.
      - Cara minum,
      Lebih pas memang tidak diberikan tambahan apa-apa. Rekomendasinya diminum saat masih segar (tidak disimpan) dan apa adanya.

      Sedikit info tambahan :
      Air Kelapa baik untuk membantu menanggulangi dehidrasi. Ini kabarnya karena air kelapa mirip sekali dengan cairan tubuh manusia. Bahkan beberapa pasukan khusus dari militer merekomendasikan air Kelapa menjadi pengganti air infus saat darurat.
      Subhanalloh, hebat sekali alam ini.

      Semoga berguna,

      Hari Gendut

  • Dimas says:

    saya hanya menambahkan,karena saya sering beli kelapa hijau,sebetulnya yg membedakan memang dari kulit serabut bagian dalam ujung,jika kelapa lain warnanya putih,kelapa yang satu ini ujungnya berwarna putih kemerah mudaan,tetapi bagian tengah kelapa tetap saja warna serabutnya sama dengan kelapa muda biasa,semua tergantung umur kelapa tersebut,kelapa ijo juga kalo sudah agak tua,daging akan lebih tebal dibanding yang muda,tapi perbedaannya kelapa ijo yang umurnya tua,dagingnya tetap lebih empuk dibanding kelapa biasa.. tentu juga saya percaya khasiat nya sih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*