Buah Nangka Mini hasil lahan terbatas

Lagi hobi nih sharing inspirasi tentang memanfaatkan lahan terbatas hehehe…
Nah, kalo tadi bicara tentang bertanam pohon mangga dengan lahan yang terbatas sekarang ada alternatif pohon lainnya. Kali ini dengan pohon nangka.

Karena halaman terbatas, aku coba untuk menanam Pohon Nangka Mini.
Nangka jenis ini memiliki beberapa keunggulan seperti :
- Besaran pohon yang tidak masif. Kebayang donk kalo pohon nangka segede gaban ada depan rumah.. bisa gelap gulita
- Lebih cepat berbuah (ini sih benerannya yang ditunggu yak..) 

Bibitnya aku peroleh dari berburu di Bandung (jauh amat yak.. hahahaha… )
Sebenernya sih di Jakarta juga banyak yang jual. Kebetulan emang hobi maen kesana, kan gak ada salahnya buat kenang-kenangan wkwwkwkwkwkwk..

Nah, tadinya si pohon nangka ini aku tanam di pot. Tapi ternyata dia meranggas dan gak berkembang.
Waaak tadinya malah terancam mati. Trus.. kalo dipindah di pekarangan, udah gak cukup. Keburu ada pohon mangga. Mana muat rumah gw yang super tiny bity mini ini… (inilah yang membuat motivasi diri pengin punya kebon…hiks.. hiks… )

Akhirnya diputuskan gimana kalo si nangka mini ini kita tanam aja di tepi jalan depan rumah.
Kan ada lahan super sempit untuk trotoar. Daripada ditanemin pohon tanjung sama pohon sawo-sawoan… (yang gak kunjung berbuah)… akhirnya kita putuskan untuk ditanam disana.

Hasil panen Nangka Mini, Mini buahnya Maxi berbaginya

Hahaha.. ternyata permasalahan tidak berhenti disini.
Diluar pagar, si pohon nangka kesayangan gw diserang sama kambing sampai benar-benar trondol… Duuuh… Kejam bener ya.. masak di kompleks perumahan ada kambing berkeliaran… apa daya? Aku harus melindungi si pohon dengan pager seadanya.

Hahaha.. Alhamdulillah…
Pohonnya makin besar karena terlindung oleh serangan kambing.
Daaan.. asiknya adalah sekarang sudah berbuah. Lumayan banyak dan besar. Aduuuh.. senangnya. Ternyata, asik juga bertanam buah dengan lahan yang terbatas. Gak selamanya yang terbatas itu segalanya. Terbukti kan? Terbatas tapi bisa berbagi lewat buah yang dihasilkan dengan orang lain.

Ayo silahkan coba ya…

4 Comments for this entry

  • Halimi,SE,MM says:

    Dear
    Bisa beli bijinya ga? atau bibitnya sekalian, berapa harganya?
    makasih

    • admin says:

      Halo Pak Halimi,

      Kebetulan kami tidak berjualan pohon ini Pak.
      Saya memperoleh dalam bentuk bibit di Taman Bunga Sersan Bajuri – Bandung
      (arah Lembang / Kampung Gajah). Disana memang diperlihatkan pohonnya masih kecil sudah berbuah.
      Secara harga akan bervariasi, antara Rp. 30.000 – seterusnya, tergantung besarnya pohon dan apakah sudah berbuah atau belum.

      Mereka juga punya yang model Tabulapot (Tanaman Buah dalam Pot).
      Ini sih lebih premium Pak… Bisa sampai Rp. 500.000 / buah. Namun enaknya sudah bisa kelihatan hasilnya (mulai berbuah).

      Semoga berkenan,

      Salam,

      Hari Gendut

  • Suisowel says:

    Dilapangan banteng sdg ada pameran,sy td beli nangka mini tinggi 60cm , 50rb

    • admin says:

      Hi Suisowel,

      Memang di lapangan banteng suka ada pameran tanaman.
      Saya dan keluarga juga kalo ada waktu meluangkan untuk main kesana. Luar bisa memang, tapi kita punya halaman sempit.
      Suka harus “maklum” kalo banyak pengin beli tanaman bagus-bagus.

      Cukup OK buat sumber tanaman juga tuh pameran disana.

      Salam,

      Hari Gendut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*