Saat musim pancaroba seperti sekarang, dari musim kemarau ke musim hujan (atau sebaliknya) membuat suatu kondisi iklim yang unik. Udara yang sering berubah (kadang lembab, panas, dingin, sesuai situasi yang berubah-ubah). Situasi ini membuat kalo kondisi badan kurang fit jadi mudah terkena flu, masuk angin atau sakit kepala. Kadarnya? ya sesuai dengan kondisi yang dialami oleh masing-masing individu.

Belum lagi, dengan hujan yang tiba-tiba datang menjelang membuat kita kalau lengah bisa terserang Demam Berdarah (DB). Ini bahaya, karena sumber penyakit ini yakni nyamuk sering mudah berkembang biak. Karena dengan sedikit genangan air bersih (ex. hujan), nyamuk bertelur dan dalam waktu mingguan udah muncul ratusan atau ribuan generasi nyamuk baru.

Hawa panas khas tropis emang mendukung banget buat nyamuk berkembang biak. Hati-hati buat yang punya anak kecil. Anakku Zharfan, kemarin hari Sabtu, 14 November baru saja pulang dari rumah sakit. Beberapa hari sebelumnya memang badannya panas namun masih ceria. Maka hari Jumat, 13 November 2009 diputuskan untuk diperiksa darah di RS. Ibu dan Anak Hermina Bekasi.  Dari hasil lab terlihat kadar trombosit dibawah normal (minimum 150).

Kasihan kalo anak-anak diinfus… tapi, dengan diinfus dan dirawat dengan opname terlihat perkembangan yang baik. O.. ya, kalo anak-anak saat diinfus mereka akan diberikan semacam “board” di sisi tangan yang diinfus. Tujuannya adalah untuk mencegah anak cidera karena pergerakan yang kurang terkontrol (padahal tangan lagi di infus). Dalam pemeriksaan darah hari berikutnya trombosit bergerak ke angka 107. Dan setelah pulang, cek trombosit lagi pada 17 November 2009 poin trombosit sudah melonjak ke angka 320. Alhamdulillah, sudah kembali beraktivitas normal.

Yuk sebagai orang tua, kita mulai hidup bersih mulai dari diri sendiri, dari keluarga kita. Mencegah munculnya air tergenang, menata barang dan baju supaya tidak menjadi tempat persembunyian nyamuk. Demikian pula tanaman kita rapikan supaya lebih mudah mengawasi dan lebih indah tampilannya. Jangan lupa, Demam Berdarah tidak pilih-pilih siapa korbannya. Terbukti adik dan nyokap juga harus opname karena diduga ada gejala DB.

Nanti kalo dapet data terkait dengan DB yang bisa berguna bagi kita semua, aku share dah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*